Hal-hal Yang Harus Diketahui Sebelum Tracking Satelit atau Channel

Assalamualaikum wr. wb.
Oke sobat-sobat, kali ini ada sedikit informasi lagi untuk sobat yang mau Tracking Satelit atau Tracking Channel. Informasi kali ini bukan belajar tracking, tetapi kali ini adalah hal dasar yang harus diketahui sebelum memulai tracking. Meskipun sudah banyak yang tau cara tracking, tapi pasti ada yang belum tau sama sekali mengenai hal dasar ini.
Kalau mau nonton bola, jangan berharap terlalu banyak kepada channel-channel lokal kita. Apalagi pesta akbar 4 tahunan akan segera dimulai pada tahun depan (2014). Bagi yang belum tau cara tracking pasti tidak nonton Piala Dunia kecuali yang pakai cara instan (berlangganan Pay TV). Tidak usah lama-lama lagi ya, berikut Hal-hal Yang Harus Diketahui Sebelum Tracking Satelit atau Channel :
  • Yang pertama dan yang mungkin paling pokok itu adalah memilih satelit mana yang mau dicari. (Misal : Thaicom 5 78.5°E)
  • Kedua, cek jangkauan satelit. Apakah bisa satelit tersebut didapat di daerah kita. Kalau mau lihat jangkauan satelit bisa di www.lyngsat-maps.com. (Gambar contoh jangkauan Thaicom 5)
  • Kalau daerah sobat berada di jangkauan maka langsung turun ke Parabola.
  • Selanjutnya, kita harus ingat posisi awal sebelum parabola digerak-gerakkan. Kalau tidak ingat, susah nanti mau balikin ke posisi awal. Nanti dimarahi orang tua yang ingin nonton. hehe
  • Lihat tangkai parabola sobat, kalau seperti gambar di atas sekali itu di bawah huruf "S". Apakah sidah berada di jalur satelit atau sebaliknya. Karena letak satelit ini hanya satu jalur, kalau tidak barat ya timur. Selatan sama utara tidak termasuk jalur satelit.
  • Dalam hal tracking, kita tidak bisa beerja sendiri (kecuali TVnya disimpat didekat kita (di bawah parabola). Harus membutuhkan teman minimal 1 orang.
  • Recevier kita harus yang kuat tunnelnya. Kalau tunnelnya lemah, akan sulit tracking.
  • Jika sudah dapat satelit yang diincar, jangan lupa di beri tanda.
Oke, kalau di atas sudah siap langsung bisa dimulai tracking. Tapi ingat jangan keseringan trackingnya, nanti kasihan yang lain yang ingin nonton. Jika ada yang mau nambahin selain di atas tinggal komentar aja di bawah. Semoga artikel kali ini bermanfaat bagi sobat-sobat dan bagi yang mau CoPas harap di sertakan sumber minumal alamat/link ini.
Wassalamualaikum wr. wb.

5 Responses to "Hal-hal Yang Harus Diketahui Sebelum Tracking Satelit atau Channel"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel